Teman teman sering kali kita merasa minder dengan kawan kita, ah dia cantik, ah dia ganteng, ah dia pandai, ah dia kaya, dsb. Padahal tahukah teman teman sebenarnya kita semua sama. Kita sama dalam arti begini sya ibaratkan kita semua adalah besi pada awalnya, lha trus apa yang membuat kita berbeda?? sebenernya yang membuat kita berbeda adalah proses. Kita melalui proses yang berbeda-beda dalam menjalani hidup ini. Trus apakah kita bisa menjadi suatu pribadi yang luar biasa??? Yup jelas bisa!! kita hanya perlu menjalani suatu proses yang rumit sulit dan melelahkan.

Saya analogikan seperti ini, kita semua awalnya adalah besi 1ton, besi tersebut bisa menjadi cangkul, toyota maupun mercy. Semua itu tergantung proses yang kita lakukan selama hidup kita jika kt menjalani hidup kita hanya makan, tidur, makan, tidur ya tak ayalnya kita akan menjadi seperti cangkul, itu akibat dari proses hidup kita yang sangat sederhana coba kita lihat harga cangkul dari besi sebanyak 1 ton, paling2 harganya 1,5jt itupun kalau laku semua, hehehe.

Sedangkan jika kita menghabiskan waktu kita dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat hampir tak ada waktu luang buat senang senang, setiap detiknya dihabiskan untuk bekerja keras dan berusaha dengan hanya mengharap ridho Allah, maka kita bisa menjadi sebuah mercy yang harganya bisa mencapai 1 milyar, waw.

Begitulah saya analogikan sebuah proses dalam kita menjalani hidup yang kaitannya dengan akan bagaimanakah kita menjadi manusia di masa yang akan datang. Semakin sulit dan rumit proses yang kita lalui maka kita akan menjadi pribadi yang semakin luar biasa. Ada sebuah pepatah mengatakan “Pelaut yang kuat tidak lahir dari laut yang tenang” yup begitulah yang dikatakan orang bijak. Jadi semakin sulit proses yang kita lalui maka hal itu akan menjadikan diri kita semakin kuat. Nah untuk itu modal dasar yang harus kita miliki adalah kesabaran, ketekunan, dan istiqomah. Oleh karena itu jika kita ditimpa oleh musibah atau rintangan kita tidak harusnya menggerutu atau menyalahkan siapapun karena dibalik itu semua pasti ada hikmahnya yang akan membuat diri kita menjadi pribadi yang semakin luar biasa.

Nah sekarang terserah kita kita memilih untuk menjadi cangkul atau mercy?? hehhe

(By FBL)